DEFINISI MKV

DEFINISI MKV


Multimedia Komunikasi Visual adalah transformasi dari Desain Komunikasi Visual, seiring perkembangan zaman di era digital dan teknologi, karya komunikasi visual telah terintegrasi dengan multimedia (banyak media) untuk mendukung proses penyebaran informasi.




SEJARAH


> Desain

Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja.
  • Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru".
  • Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.


> Desain Grafis di Era Hindia - Belanda
Desain grafis berkembang sejalan dengan kemajuan seni dan teknologi grafika, di Indonesia sistem percetakan mulai dikenal sekitar tahun 1596. Iklan menggunakan media cetak pada masa Hindia-Belanda mulai marak, cara-cara promosi dilakukan dengan memasang iklan di surat kabar, menempel poster dan menyebar leaflet di tempat-tempat keramaian di anggap efektif untuk memenangkan persaingan dan menjaring investor.






> Desain Komunikasi Visual
Desain grafis belakangan lebih sering disebut “desain komunikasi visual” (DKV) karena memiliki peran mengomunikasikan pesan/informasi kepada pembaca dengan kekuatan visual seperti tipografi, ilustrasi, warna, garis, layout dan sebagainya dengan bantuan teknologi. DKV dikategorikan sebagai commercial art karena merupakan paduan antara seni rupa (visual art) dan keterampilan komunikasi untuk tujuan bisnis.



> Multimedia
Multimedia adalah kata majemuk yang terdiri dari atas dua kata, multi dan media. Kata “Multi” berarti banyak. Jadi kata Multimedia artinya banyak media. "Media" adalah input (masukan) dalam pemrosesan data komputer. Input pemrosesan data dapat berupa:
  1. Text
  2. Code
  3. Graphics
  4. Audio
  5. Video
  6. Animation
salah satu contoh yang menggunakan teknologi multimedia:
Videotron

17MKV06R ADALAH KELAS MULTIMEDIA KOMUNIKASI VISUAL TERDIRI DARI 21 MAHASISWA

1 Response to "DEFINISI MKV"