DIGITAL MARKETING



DEFINISI DIGITAL MARKETING
Digital marketing atau pemasaran secara digital adalah upaya memasarkan barang atau jasa menggunakan perangkat elektronik/internet. Dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana kita bisa langsung berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu untuk online. Karena dizaman sekarang hampir semua orang memiliki gadget dan mengerti internet. Dari yang tua sampai muda. Bahkan beberapa pekerjaan juga beralih ke dalam bentuk digital. Begitupun dengan marketing yang mulanya adalah offline kini beralih menjadi online.

MANFAAT DIGITAL MARKETING
Jika kita beranggapan digital marketing atau pemasaran online bukanlah suatu yang besar dan berpengaruh, maka kita salah. Mulai tahun 2014 jumlah iklan yang dipasang di internet sudah mengalahkan iklan di televisi dan jaringan televisi kabel. Sebanyak 72% konsumen kini sudah terhubung dengan brand pilihan mereka melalui beragam channel pemasaran digital yang ada. Walaupun mayoritas konsumen dan pemlik usaha memilih rute digital masih ada usaha kecil yang tidak mengikuti tren ini. System digital marketing tidaklah rumit. System ini sudah memberi manfaat yang besar bagi konsumen dan para pengusaha. 
Setidaknya ada 5 manfaat digital marketing yang bisa kita ketahui bersama :
  1. Menghubungkan Anda Dengan Konsumen Di Internet
    Saat ini konsumen sudah tidak lagi mencari informasi mengenai suatu produk, barang atau jasa melalui halaman iklan baris. Setidaknya 80% konsumen menggunakan internet untuk memperoleh informasi mengenai produk barang atau jasa dengan lebih nyaman dan mudah.
  2. Menghasilkan Penjualan Yang Tinggi
    Melalui digital marketing kita dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang ditargetkan menjadi target market kita. Kita juga dapat menghasilkan lead (prospek) dan mencapai peningkatan konversi penjualan sampai 24%. Pemasaran digital membuka jalan upaya pemasaran yang akan membuahkan hasil yang menguntungkan.
  3. Membuat Anda Lebih Hemat
    Pemasaran digital gartnet mengeluarkan laporan yang menunjukkan bagaimana para pengusaha kecil kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Conotohnya saja sebanyak 40% dari mereka melaporkan adanya efisiensi biaya yang ada pada usaha mereka. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha tidak hanya menghasilkan generasi konsumen baru namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.
  4. Mengjangkau Pengguna Mobile (Smartphone)
    Pemasaran digital membawa kita memasuki area pasar raksasa dimana kegiatan pemasaran digital melalui perangkat mobile menghasilkan hingga 34% dari keseluruhan trafik organic. Menurut emarketer, teknologi mobile juga memengaruhi perilaku pembelian konsumen tersebut. Data menunjukkan bahwa 92% orang dewasa di amerika serikat selalu menggunakan perangkat mobile mereka setiap saat.
  5. Mempersiapkan Anda Untuk Era Internet Of Things
    Gartner melaporkan bahwa pada tahun 2020 diperkirakan adanya 26 miliar gadget, smartphone, tablet, jam tangan, kacamata, sepatu dan peralatan lainnya yang akan saling terhubung dalam ekosiste online secara global yang akan membentuk era internet of things

KOMPONEN DIGITAL MARKETING
Supaya bisa sukses melakukan strategi digital marketing kita perlu memahami bagaimana cara kerjanya. Dan cara paling mudah memahaminya adalah dengan mempelajari 8 komponen digital marketing, yaitu:
  1. Content Marketing
    content marketing singkatnya adalah semua informasi yang ditampilkan di dunia online. Ada yang berupa informasi yang menjelaskan suatu hal terkait produk atau jasa. Ada juga yang berupa review suatu produk atau perbandingan antara produk kita dengan produk lainnya.
  2. The Costumer Journey
    Setiap calon costumer memliki pola interaksi dengan produk atau jasa yang akan dibelinya pola itu disebut sebagai costumer value journey. Setidaknya ada 8 tahap yaitu; awareness, engagement, subscribe, convert, escite, ascend, advocate, dan promote. Untuk mengetahui lebih lanjut kita akan bahas khusus di satu judul untuk mereka.
  3. Digital Advertising
    Setelah memiliki konten yang lengkap, dari bagian atas funnel sampai bagian bawah funnel kita memerlukan traffic. Karena tanpa traffic sebagus apapun konten akan tidak menghasilkan apapun. Traffic adalah kunjungan orang-orang yang akan menjadi calon costumer kita. Mereka bisa datang mencari sesuatu di google, facebook, atau pun youtube.
  4. Social Media Marketing
    Sebagai pelengkap dari iklan digital, kita perlu melakukan strategi campaign di social media. Contohnya seperti facebook, Instagram, twitter, linkedin, dan platform lainnya. Disini kita tidak hanya aktif di media social itu tetapi juga harus bisa menghadirkan brand kita kepada costumer kita yang potensial.
  5. Email Marketing
    Email marketing merupakan tulang punggung digital marketing. Banyak strategi marketing yang tidak bisa dilakukan di media social atau search marketing bisa dilakukan di email marketing. Dengan email marketing kita bisa melakukan survey, memberikan fakta dan data terkait produk, mengenal costumer, atau berinteraksi dengan lebih dekat bersama mereka.
  6. Search Marketing
    Search marketing adalah permainan strategi jangka Panjang. Dengan search engine optimization (seo) kita bisa mendapatkan traffic organic dengan gratis. Ini berbeda dengan traffic dari iklan berbayar.
  7. Web Analytics
    Web analytics adalah suatu aktivitas yang didukung alat-alat online untuk mengetahui ukuran dari website kita. Apakah suatu langkah kita berhasil mendatangkan traffic atau tidak. Apakah suatu perbaikan di website kita bisa menaikkan rangking website itu atau tidak dan seterusnya.
  8. Conversation Rate Optimization
    Conversation rate optimization (cro) dapat membantu kita mengubah traffic yang kita peroleh menjadi leads dan costumer.
 CARA KERJA DIGITAL MARKETING
Cara kerja digital marketing cukup bervariasi. Namun sebenarnya tujuan akhirnya adalah sama. Yaitu aktifitas marketing yang bertujuan meningkatkan penjualan. Sedangkan cara kerja dan penerapannya untuk bisnis adalah sebagai berikut:
  1. Mengenali Jenis Bisnis Dan Usaha Anda
    Sebagai pelaku dan pemiliki usaha harus sudah paham jenis bisnisnya apa, misalnya jenis jasa atau produk, jenis kebutuhan sehari-hari atau sekunder, tersier, dan prestise.
  2. Memahami Segmen Market
    Tidak semua orang akan membeli produk kita. Ada orang-orang tertentu yang akan membeli produk yang kita jual. Setiap produk memiliki segmen marketnya sendiri. Contohnya produk apple yang menargetkan kepada costumer menengah ke atas.
  3. Memilih Media Digital Marketing
    Misalnya ingin menjual kamera tentu saja kita akan menggunakan istagram, youtube, website dan marketplace. 
  4. Membuat Funnelling Dari Traffic Hingga Sales.
    Dengan urutan yang harus digunakan adalah (mengumpulkan visitor dari media digital – bagaimana membuat visitor tertarik – visitor menghubungi kontak – terjadi penjualan/goals)
  5. Membuat Ikatan Rantai Digital
    Setelah bisa menentukan media digital marketing yang tepat, maka ada baiknya juga mengikatkan satu media dengan media digital yang lainnya yang saling berhubungan.
  6. Mengelola Iklan Digital.
    Iklan menggunakan anggaran adalah langkah terakhir ketika kita sudah benar-benar maksimal dengan kelima langkah di atas. Kita bisa menggunakan seperti google ads, fb ads, ig ads, endore, dan sebagainya.
Bagaimana, menarik bukan digital marketing ini? Postingan selanjutnya akan membahas website loh. Karena website juga sangat penting dalam Digital Marketing. Jangan sampai gak baca ya!.

sumber :
 

0 Response to "DIGITAL MARKETING"

Posting Komentar