8 Cara Membuat Iklan Yang
Efektif
Mengetahui cara membuat iklan yang efektif tentu akan
memudahkan Anda dalam memasarkan produk bisnis kepada para konsumen terutama di
era digital seperti sekarang ini. Terlepas dari apakah perusahaan bisnis Anda
B2B atau B2C, hasil riset yang dilakukan oleh e-Marketer menunjukkan bahwa
pengguna fasilitas iklan berbayar untuk seluruh media online mengalami
peningkatan sebanyak 7.3% atau sebesar $583,991 miliar di tahun 2017.
Iklan
digital memungkinkan perusahaan Anda memiliki lebih banyak visibilitas di
kalangan konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. Kemudian, Anda sudah
membuat iklan sebaik mungkin dengan memperhatikan detail pada setiap elemen
desain. Sayangnya, setelah iklan tersebut diunggah, tak satu pun konversi Anda
dapatkan. Bahkan, Anda telah mengeluarkan dana cukup besar untuk memanfaatkan
iklan berbayar, namun belum juga mendapatkan penjualan.
Apakah Anda
telah gagal dalam membuat iklan yang menarik perhatian konsumen? Tentu tidak.
Cara membuat
iklan yang baik adalah dengan mempertimbangkan setiap aspek yang digunakan pada
iklan tersebut, agar calon konsumen tertarik untuk mencari informasi lebih
lanjut tentang produk yang Anda tawarkan. Hal-hal yang dapat menarik perhatian
konsumen tentu beragam. Pastikan Anda tahu betul keunggulan dari produk bisnis
Anda yang tidak dimiliki oleh produk lain, sehingga Anda memiliki kekuatan
untuk bersaing bahkan melalui iklan di platform yang sama.
Rosser
Reeves dalam bukunya berjudul Reality in Advertising menuliskan bahwa, setiap
iklan yang dibuat harus mengajukan keuntungan yang jelas dan berbeda dari produk
serupa yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Proposisi harus dibuat cukup kuat
untuk menggerakkan massa, yaitu menarik konsumen dan juga calon konsumen.
Misalnya, kekuatan iklan permen cokelat M&M yang terletak pada proposisi
kalimat “Melts in your mouth, not in your hand.”
Propaganda
iklan tersebut tentu menegaskan keunggulan produk permen cokelat M&M
dibandingkan dengan produk sejenis yang sering kali meleleh sebelum dikonsumsi.
Menemukan kalimat-kalimat sederhana seperti itu jelas bukan pekerjaan yang
mudah, serta membutuhkan waktu cukup lama terlebih jika Anda belum memiliki tim
kreatif di dalam divisi penjualan. Untuk menghindari kesalahan yang sama,
inilah cara membuat iklan yang efektif dan dapat mendatangkan profit.
Ciptakan
Elemen Kreatif
Setiap
perusahaan bisnis tentu memiliki elemen kreatifnya masing-masing, yang sudah
ada sejak awal pengenalan merek dagang atau branding. Baik berupa maskot, logo,
warna, jenis huruf, bahkan theme song, elemen-elemen kreatif inilah yang
memudahkan konsumen atau calon konsumen mengingat dan mengenali produk Anda.
Mempertahankan konsistensi visualisasi elemen kreatif yang Anda buat, berperan
penting dalam menjamin kesuksesan sebuah iklan.
Di
Indonesia, beberapa perusahaan besar sukses mendapatkan penjualan secara
besar-besaran melalui setiap iklan yang diciptakan. Sebut saja, air mineral
merek Aqua dengan theme songnya yang khas ataupun mie instan Indomie dengan
slogan “Seleraku”. Kedua produk ini unggul dipasaran meski banyak memiliki
pesaing. Alasan utama tentu sudah jelas, baik Aqua ataupun Indomie keduanya
konsisten dalam menggunakan elemen kreatif yang telah diciptakan pada setiap
iklan baru yang dibuat.
Lakukan
Riset Pasar
Boleh jadi
Anda telah berhasil mendapatkan konversi yang cukup tinggi hanya dengan mempraktikkan
tips membuat iklan dengan memanfaatkan elemen kreatif perusahaan. Namun, perlu
menjadi catatan bahwa berhasil saja tidaklah cukup membuat konsumen tetap
bertahan pada produk bisnis Anda dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan
konsistensi elemen kreatif yang tidak disertai dengan pembaruan akan membuat
konsumen bosan melihat iklan yang itu-itu saja.
Elliot
Simmonds, salah satu nominee Stockport’s Young Business Person of the Year 2014
sekaligus pimpinan konsultan Rippleout Marketing menegaskan, bahwa Anda perlu
melakukan riset pasar secara berkala meskipun iklan yang dibuat sudah mencapai
jumlah konversi yang ditargetkan. Anda tetap harus meluangkan waktu untuk
mencari tahu sendiri, profil konsumen mana yang paling banyak? Siapakah orang
yang kembali berkali-kali? Dari mana asal mereka?
Riset ini
akan banyak membantu Anda dalam mewujudkan cara membuat iklan yang efektif
serta menghasilkan penjualan. Dengan mengetahui detail profil konsumen, maka
Anda tahu apa yang harus dilakukan pada pembuatan iklan selanjutnya. Cara ini
juga dapat membantu Anda merencanakan strategi pemasaran yang tepat dengan
target pasar yang demikian.
Bijak dalam
Memilih Platform
Setelah
melakukan riset pasar dan detail profil konsumen ada di tangan Anda, inilah
saatnya memilih platform mana yang terbaik dan tepat sasaran sesuai dengan
konsumen Anda. Beberapa platform bisa saja bekerja sangat baik untuk satu
perusahaan, namun belum tentu untuk perusahaan Anda. Bersikap bijak dalam
memilih platform tempat iklan diletakkan juga menjadi salah satu cara membuat
iklan terlihat oleh konsumen yang telah Anda targetkan.
Pilih
platform periklanan, seperti Google Adwords, apabila ada permintaan yang jelas
untuk produk dan Anda ingin menargetkan orang-orang tertentu untuk menelusuri
produk tersebut secara online. Namun tips membuat iklan ini bukan untuk semua
orang. Sebaliknya, jika perusahaan Anda adalah sebuah startup yang memiliki
produk baru dan inovatif yang belum pernah ada di pasaran, maka sebaiknya
menghindari memasang iklan baris di mesin pencarian.
Hubungkan
Metrik Media Sosial dengan ROI
Return on
Investment atau yang disingkat dengan ROI adalah pengukuran yang penting bagi
para pengiklan sebab perhitungan laba atas investasi didasarkan pada sasaran
iklan tertentu, serta menunjukkan pengaruh yang nyata dari upaya periklanan
terhadap bisnis Anda. Mengukur ROI dalam sebuah kampanye iklan adalah salah
satu cara membuat iklan yang paling penting.
Apabila Anda
memasarkan produk secara online, Anda tentu menjangkau sekelompok orang yang
beragam, dan itu perlu dipertimbangkan saat mengukur hasil yang dicapai. Hanya
karena produk Anda banyak mendapat like atau share dari pengguna media sosial,
bukan berarti keseluruhan dari mereka melakukan pembelian. Menghubungkan metrik
media sosial dengan ROI penting untuk memilah konsumen mana yang hanya terlibat
dan mana yang menghasilkan penjualan.
Berikan
Penawaran Menarik
Konsumen
sangat menyukai tawaran yang Anda berikan. Jadi, cara membuat iklan yang
menarik adalah dengan memberikan tawaran yang bagus sehingga mereka akan
kembali membeli produk Anda berkali-kali dengan senang hati. Anda bisa
menawarkan potongan harga yang tidak terkalahkan, sebuah percobaan gratis,
pengiriman gratis atau paket-paket pembelian, yang akan menghasilkan penjualan
dalam jumlah besar. Begitu perusahaan Anda datang dengan tawaran yang menarik,
konsumen pun akan kesulitan untuk menolaknya.
Tips membuat
iklan yang efektif (Photo Credit: Alpha Stock Images)
Bicarakan
Tentang Manfaat yang Akan Diperoleh
Menjelaskan
fitur produk atau layanan Anda memang penting, namun menjelaskan manfaat bagi
konsumen adalah magnet terkuat yang dapat menarik minat pembelian mereka.
Secara logika, tentunya konsumen lebih tertarik pada apa yang mereka dapatkan
dari produk Anda daripada apa yang bisa dilakukan dengan produk tersebut,
bukan?
Tips membuat
iklan yang satu ini tidaklah sulit. Anda dapat membuat daftar produk apa saja
yang Anda tawarkan lengkap dengan kelebihan masing-masing produk tersebut.
Pastikan Anda terlebih dulu membicarakan manfaat yang akan diperoleh konsumen,
bukan kelebihan produk tersebut. Misalnya, Anda adalah seorang akuntan pajak.
Salah satu fitur layanan yang Anda tawarkan adalah adanya website tempat
konsumen dapat masuk dan mengakses dokumen pajak mereka selama 24 jam penuh,
sehingga mereka dapat menghemat lebih banyak waktu.
Beri Alasan
untuk Membeli Sekarang
Melalui cara
membuat iklan yang tepat sasaran tentu Anda tidak sekadar ingin menanam benih,
tetapi juga menghasilkan penjualan dari apa yang sudah ditawarkan secepat
mungkin. Saat konsumen melihat iklan dan berpikir untuk melakukan pembelian
nanti, mungkin mereka benar-benar bermaksud melakukannya. Namun, boleh jadi
mereka akan dengan mudah melupakan penawaran yang Anda beriklan di dalam iklan
tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mendorong konsumen untuk membeli sekarang
bukan nanti.
Anda dapat
menciptakan urgensi ini dengan berbagai cara. Misalnya, Anda dapat membuat
tawaran berupa potongan harga cukup besar dalam waktu terbatas. Jika konsumen
melihat bahwa mereka hanya memiliki sedikit waktu, seperti beberapa jam atau
hari untuk mendapatkan kesepakatan, dapat dipastikan mereka sudah cukup
bersemangat dan cenderung akan melakukan pembeliian saat itu juga.
Gunakan
Testimonial
Salah satu
bagian terpenting dalam membuat iklan yang efektif adalah membangun kepercayaan
dan ketertarikan konsumen pada perusahaan Anda. Ingat bahwa konsumen memiliki
banyak kekhawatiran akhir-akhir ini, terlebih saat mereka harus berbelanja
online. Penting untuk membangun kepercayaan mereka pada bisnis Anda. Tips
membuat iklan yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan
menunjukkan bahwa orang lain telah puas membeli atau menggunakan layanan Anda.
Salah satu
cara membuat iklan terbaik adalah dengan menambahkan testimonial pada iklan
Anda dari konsumen-konsumen terdahulu yang puas dengan produk dan perusahaan
Anda. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat membuat orang mencari ulasan online
tentang bisnis Anda, namun Anda bisa memberi mereka ketenangan pikiran dengan
menambahkan testimonial dari konsumen yang senang dengan apa yang Anda
tawarkan. Melihat konsumen lain yang sama seperti mereka senang dengan produk
Anda, dapat mendorong calon konsumen untuk mencobanya.
Last but not
least, pastikan Anda telah mencantumkan kontak perusahaan dengan jelas dan
detail, mulai dari alamat, nomor telepon, email, serta website jika memang
tersedia. Melalui iklan yang dibuat Anda telah mengatakan kepada konsumen apa
saja yang Anda jual, sekarang saatnya beritahu mereka di mana bisa membelinya.
Tidak semua
orang memahami cara membuat iklan yang efektif. Informasi dari tim Penulis.ID
tentang tips membuat iklan ini diharapkan dapat membantu Anda dalam menciptakan
iklan perusahaan yang terbaik.
0 Response to "8 Cara Membuat Iklan Yang Efektif"
Posting Komentar