PERAN IKLAN DALAM PEMASARAN


  
Peran Iklan Dalam Pemasaran
  • Iklan merupakan bagian dari bauran promosi (promotion mix) sedangkan bauran promosi adalah bagian dari bauran pemasaran (marketing mix )dimana marketing mix meliputi:


  1. Product (Barang/ Jasa)
  2. Price (Harga)
  3. Place (Distribusi)
  4. Promotion (Usaha peningkatan penjualan)  
  • Dalam bauran promosi sendiri dikenal ada lima unsur komunikasi yang utama: 
  1. Advertising (Periklanan): Semua bentuk penyajian pesan-pesan penjualanyang bersifat nonpersonal, berupa penjualan tentang barang atau jasa yangdibayar oleh suatu perusahaan.Sales promotion (Promosi Penjualan): Berbagai bentuk insentif jangkapendek yang diberikan produsen untuk mendorong keinginan konsumen agartertarik dan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Publicity/ Public Relations (Publisitas atau Hubungan Masyarakat): Berbagaimacam program yang dibuat untuk memelihara, menciptakan, danmengembangkan citra dan image perusahaan atau merek sebuah produk. Personal selling (Promosi pribadi): Interaksi langsung dengan satu ataubeberapa calon pembeli dengan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesanan dari pembeli. 
  3. Direct marketing (Pemasaran Langsung): Interaksi langsung dengan konsumen melalui penggunaan surat, telepon, fax, e-mail, dan alatkomunikasi nonpersonal lainnya untuk melakukan komunikasi secaralangsung agar mendapat tanggapan dari calon konsumen.
  4. Peran Periklanan merupakan bagian untuk memenuhi fungsi pemasaran untuk dapat menjalankan fungsi pemasaran, maka periklanan tentu saja tidak sekedar memberikan informasi kepada khalayak tapi juga ditujukan untuk mempengaruhi perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau merek. Citra produk yang terbaik biasanya tercipta melalui kegiatan-kegiatan periklanan.Segmen pasar yang dipilih sangat menentukan corak periklanan yang akan diluncurkan atau media yang harus dipilih.
  • Banyak faktor yang menentukan laku tidaknya suatu produk, jasa atau ide. Antara lain:

  1. Produk : kualitas, kemasan, daya tahan, fungsi, kegunaaan, efesiensi, features, style, rasa dan lain-lain.
  2. Price : harga yang sesuai dan harga yang terjangkau konsumen, diskon,sistem pembayaran dan kredit.
  3. Place : Ketersediaan produk dipasar, terjangkau jarak oleh konsumen,transportasi dan retail.

Sumber:

0 Response to "PERAN IKLAN DALAM PEMASARAN"

Posting Komentar