Teknik Pencahayaan Dengan 3dsmax

Lighting (Pencahayaan)




Pada panel Create klik tombol bergambar lampu di barisan Category Objects. Ada dua jenis metode pencahayaan dalam 3ds Max, yang di sebut Photometric dan Standard. Photometric  merupakan satu metode yang memiliki fitur khusus dan sangat kompleks, untuk itu membutuhkan pemahaman yang lebih dalam.





Sedangkan fokus pembahasan pada modul di sini adalah Standard Lighting. Ada delapan jenis fisik metode pencahayaan Standard di antaranya Target Spot, Free Spot, Target Direct, Free Direct, Omni, Skylight, mr Area Omni dan mr Area spot. Sebagai simulasi kita buat dua objek di jendela Top, pertama Plane dengan ukuran width: 400 dan Height : 400, kemudian Sphere di atasnya dengan radius 20.



1. Target Spot




Cara membuatnya, di panel  Create klik tombol Lights di barisan Category Object lalu klik tombol Target Spot. Di jendela Left klik dari atas kemudian drag ke arah objek (lihat gambar). Coba render di jendela Perspective untuk melihat hasilnya.




Di lihat dari segi fisiknya Target Spot terbagi menjadi beberapa bagian,
Source Light : Sumber cahaya.
Target : Arah jatuhnya cahaya.
Hotspot/Beam :  Batas cahaya utama.
Falloff/Field : Batas terluar cahaya.

Kita bisa memindahkan masing-masing bagian atau bahkan keseluruhan dari target spot. Klik source light lalu geser salah satu sumbu ke arah yang kita inginkan, sama halnya juga dengan target. Jika ingin memindahkan spot light keseluruhan kita harus memilih garis yang menghubungkan antara source light dengan target (gunakan salah satu jendela, klik di ruang kosong maka garis akan terlihat).

2. Free Spot




Sama dengan Target Spot hanya bedanya Free Spot tidak memiliki target. Ketika source light di pindahkan (move) atau di putar (rotate) maka semua bagiannya ikut bergerak. Cara membuatnya cukup klik satu kali di salah satu jendela.

3. Target Direct




Klik tombol Target Direct, buat di jendela Front atau Left, klik tahan lalu geser kearah objek.

4. Free Direct
 



Klik tombol Free Direct, klik satu kali di jendela Front, kemudian gunakan Select and Rotate untuk memutar  arah cahaya ke objek. Sesuai dengan namanya Free Direct tidak memiliki Target (kotak kecil) sebagai panduan tempat jatuhnya cahaya.

5. Omni




Klik tombol Omni lalu klik satu kali di salah satu jendela sampai muncul objek berbentuk seperti permata.

6. Skylight




Klik tombol Skylight lalu klik satu kali di jendela mana saja yang di inginkan, karena posisi objek Skylight tidak mempengaruhi hasil pencahayaan. Skylight membutuhkan Plugin untuk  mendapatkan hasil yang lebih baik. Tekan  tombol F10 di keyboard, di bagian atas klik tab Advanced Lighting, klik kotak yang bertuliskan <no lighting plug-in>, pilih Light Tracer (Lihat gambar di atas). Coba render di jendela perspective untuk melihat hasilnya.

7. Mr Area Omni dan Mr Area Spot







Dua huruf di depan “mr” merupakan singkatan dari Mental Ray, alternative mesin render untuk mendapatkan hasil yang lebih realistik (lihat modul 3ds max Rendering, D. Assign Renderer). Tapi kedua jenis pencahayaan ini juga bisa di gunakan pada render standard.

Parameters






Semua objek pencahayaan (Target Spot, Free Direct, Omni, dll.) memiliki opsi yang bisa kita atur sesuai kebutuhan. Jika salah satu objek pencahayaan sudah di buat, buka Modify Panel maka akan muncul beberapa parameter rollout yang ada di bagian bawah. Jika tidak semua parameter muncul arahkan pointer di tempat yang kosong sampai berubah menjadi gambar tangan lalu tarik ke atas.

A. Kotak ceklis On dan Target di dalam group Light Type: untuk mengaktifkan cahaya dan targetnya.

B. On dalam group Shadow: untuk mengaktifkan bayangan dan kotak di bawahnya untuk menentukan jenis bayanganya.

C. Multiplier : menambah/mengurangi intensitas cahaya. Kotak putih di sebelahnya untuk mengganti warna cahaya.

D. Hotspot/Beam dan Falloff/Field: menentukan luas area cahaya opsi ini hanya ada pada jenis cahaya Spot dan Direct.

E. Kotak Color dan Dens: menentukan warna bayangan dan intensitas bayangan.

F. Tombol Add untuk menambahkan effect dalam pencahayaan seperti asap, api, lens flare dan lain-lain.


Source

Saya Anak ke tiga dari tiga bersaudara.

0 Response to "Teknik Pencahayaan Dengan 3dsmax"

Posting Komentar