Lighting (Pencahayaan)
Pada panel Create klik tombol bergambar lampu di barisan
Category Objects. Ada dua jenis metode pencahayaan dalam 3ds Max, yang di
sebut Photometric dan Standard. Photometric merupakan satu
metode yang memiliki fitur khusus dan sangat kompleks, untuk itu membutuhkan
pemahaman yang lebih dalam.
Sedangkan fokus pembahasan pada modul di sini adalah
Standard Lighting. Ada delapan jenis fisik metode pencahayaan Standard di
antaranya Target Spot, Free Spot, Target Direct, Free Direct, Omni, Skylight,
mr Area Omni dan mr Area spot. Sebagai simulasi kita buat dua objek di jendela
Top, pertama Plane dengan ukuran width: 400 dan Height : 400,
kemudian Sphere di atasnya dengan radius 20.
1. Target Spot
Cara membuatnya, di panel Create klik tombol
Lights di barisan Category Object lalu klik tombol Target Spot. Di jendela Left
klik dari atas kemudian drag ke arah objek (lihat gambar). Coba render di
jendela Perspective untuk melihat hasilnya.
Di lihat dari segi fisiknya Target Spot terbagi menjadi
beberapa bagian,
Source Light : Sumber cahaya.
Target : Arah jatuhnya cahaya.
Hotspot/Beam : Batas cahaya utama.
Falloff/Field : Batas terluar cahaya.
Target : Arah jatuhnya cahaya.
Hotspot/Beam : Batas cahaya utama.
Falloff/Field : Batas terluar cahaya.
Kita bisa memindahkan masing-masing bagian atau bahkan
keseluruhan dari target spot. Klik source light lalu geser salah satu
sumbu ke arah yang kita inginkan, sama halnya juga dengan target. Jika ingin
memindahkan spot light keseluruhan kita harus memilih garis yang menghubungkan
antara source light dengan target (gunakan salah satu jendela, klik di ruang
kosong maka garis akan terlihat).
2. Free Spot
Sama dengan Target Spot hanya bedanya Free Spot tidak
memiliki target. Ketika source light di pindahkan (move) atau di putar (rotate)
maka semua bagiannya ikut bergerak. Cara membuatnya cukup klik satu kali di
salah satu jendela.
3. Target Direct
Klik tombol Target Direct, buat di jendela Front atau Left,
klik tahan lalu geser kearah objek.
4. Free Direct
Klik tombol Free Direct, klik satu kali di jendela Front,
kemudian gunakan Select and Rotate untuk memutar arah cahaya ke objek.
Sesuai dengan namanya Free Direct tidak memiliki Target (kotak kecil) sebagai
panduan tempat jatuhnya cahaya.
5. Omni
Klik tombol Omni lalu klik satu kali di salah satu jendela
sampai muncul objek berbentuk seperti permata.
6. Skylight
Klik tombol Skylight lalu klik satu kali di jendela mana
saja yang di inginkan, karena posisi objek Skylight tidak mempengaruhi hasil
pencahayaan. Skylight membutuhkan Plugin untuk mendapatkan hasil yang
lebih baik. Tekan tombol F10 di keyboard, di bagian atas klik
tab Advanced Lighting, klik kotak yang bertuliskan <no lighting
plug-in>, pilih Light Tracer (Lihat gambar di atas). Coba render
di jendela perspective untuk melihat hasilnya.
7. Mr Area Omni dan Mr Area Spot
Dua huruf di depan “mr” merupakan singkatan dari Mental Ray,
alternative mesin render untuk mendapatkan hasil yang lebih realistik (lihat
modul 3ds max Rendering, D. Assign Renderer). Tapi kedua jenis pencahayaan ini
juga bisa di gunakan pada render standard.
Parameters
Semua objek pencahayaan (Target Spot, Free Direct, Omni,
dll.) memiliki opsi yang bisa kita atur sesuai kebutuhan. Jika salah satu objek
pencahayaan sudah di buat, buka Modify Panel maka akan muncul beberapa
parameter rollout yang ada di bagian bawah. Jika tidak semua parameter muncul
arahkan pointer di tempat yang kosong sampai berubah menjadi gambar tangan lalu
tarik ke atas.
A. Kotak ceklis On dan Target di dalam group Light Type:
untuk mengaktifkan cahaya dan targetnya.
B. On dalam group Shadow: untuk mengaktifkan bayangan dan kotak di bawahnya untuk menentukan jenis bayanganya.
C. Multiplier : menambah/mengurangi intensitas cahaya. Kotak putih di sebelahnya untuk mengganti warna cahaya.
D. Hotspot/Beam dan Falloff/Field: menentukan luas area cahaya opsi ini hanya ada pada jenis cahaya Spot dan Direct.
E. Kotak Color dan Dens: menentukan warna bayangan dan intensitas bayangan.
F. Tombol Add untuk menambahkan effect dalam pencahayaan seperti asap, api, lens flare dan lain-lain.
0 Response to "Teknik Pencahayaan Dengan 3dsmax"
Posting Komentar