Mengenal Strategi Iklan
Strategi Periklanan
Strategi periklanan merupakan satu
diantara strategi pemasaran yang paling penting untuk usaha kecil. Iklan
merupakan metode promosi yang efektif yang menyediakan informasimengenai produk
dan jasa perusahaan untuk pelanggan potensial, yang mencari tahu dua
jenisinformasi mengenai produk yang ingin mereka beli. Pertama, mereka ingin
mengetahuimengenai produk dan jasa itu sendiri dan yang kedua adalah bagaimana
menggunakan produkatau jasa tersebut. Telah banyak produk ataupun jasa yang
memiliki kualitas tinggi yangmengalami kegagalan di pasar karena pelanggan
potensial tidak mengetahui produk atau jasatersebut atau bagaimana cara
penggunannya. Oleh karena itu, strategi periklanan membantuUKM untuk
memperkenalkan produk dan jasa mereka secara efektif dan mendorong penjualan.
Perusahaan. Iklan perlu direncanakan dan diterapkan secara professional. Sebuah strategi periklanan yang efektif harus mengandung tiga elemen utama yakni tujuan iklan, pemilihanmedia
dan anggaran iklan. Sebelum mendiskusikan ketiga elemen utama tersebut,
berikutmerupakan definisi dari iklan.
Apa yang Dimaksud
dengan Iklan ?
Pada dasarnya iklan telah didefinisikan
sebagai sebuah bentuk komunikasi yang dibayaroleh sponsor untuk mempromosikan
ide, barang atau jasa. Hal tersebut dimaksudkan untukmengajak dan memberikan
infomasi
(Oxford Dictionary of Business, 2002).
Demikian pulaKotler dan Armstrong
mendefisinikan iklan sebagai bentuk preentasi non- personal yang berbayar untuk mempromosikan ide, barang atau jasa (Kotler and Armstrong, 1994: 487).Seperti
yang kita lihat, bahwa kedua definisi di atas, iklan merupakan bagian dari
strategi pemasaran. Karena iklan merupakan alat komunikasi yang
powerful,
dengan iklan perusahaanmampu
berkomunikasi dengan pelanggan, berinteraksi dengan pelanggan potensial
danmenetapkan posisi perusahaan dengan pesaing. Sebagai bagian strategi
pemasaran yang efektif,iklan dipertimbangkan untuk investasi masa depan pada
bisnis daripada sebagai biaya tambahan.
Anggaran Iklan
Langkah kedua untuk mengembangkan rencana iklan untuk UKM adalah
menentukan danmengalokasikan anggaran iklan. Ketika tujuan dan sasaran dari
iklan telah ditentukan
secara jelas, anggaran iklan harus disiapkan. Anggaran iklan menentukan seberapa besar biaya yangharus
dikeluarkan oleh UKM pada waktu tertentu dan menyiapkan anggaran iklan bukan
suatuhal yang mudah. Banyak factor yang harus dipertimbangkan seperti siklus
hidup produk perusahaan dan pangsa pasar (Curran, 1996)
yang mempengaruhi penentuan dari anggaran iklan.Manajer dari usaha
kecil
menerapkan metode yang berbeda dalam
menyusun anggaran iklan.Persentase dari penjualan merupakan hal yang paling umum
digunakan dan metodetermudah untuk menyusun anggaran iklan. Beberapa persentase
dari perkiraan penjualan akandianggarkan untuk iklan. Oleh karena itu, biaya
dari anggaran iklan akan tergantung
dari besarnya volume penjualan. Metode kedua dan metode yang paling sukses adalah denganmenghubungkan
anggaran iklan dengan tujuan bisnis. Dengan cara ini, manager usaha
kecilmenghabiskan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.,
menghubungkan biayaiklan dengan tujuan tertentu. Maka, tujuan bisnis harus ditetapkan
untuk satu tahun ke depan
dan biaya untuk tiap tujuan harus tercermin pada perencanaan anggaran. Anggaran iklan harusdirencanakan
untuk setahun selama periode 12 bulan. Hal ini membantu para pebisnis
untukmelihat masa depan.
Memilih Media
Langkah ketiga dalam mengembangkan
strategi iklan yang efektif adalah memilih media terbaikuntuk menjangkau target
pasar. Ketika memilih media iklan, UKM harus mempertimbangkanfactor- factor
yang krusial seperti karakteristik dari kelompok target pelanggan, ukuran pasar
dan biaya iklan. Ada beberapa variasi media seperti radio, Koran local, World Wide Web, televise, bioskop, tempat parkir, iklan transportasi,
yellow pages
dan metode lainnya yang
secara potensial bermanfaat untuk UKM. Tiap media memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka dariitu,
akan sangat bermanfaat apabila mengembangkan penggabungan media iklan untuk
tujuaniklan. Beberapa media yang dipilih untuk iklan pada usaha kecil yakni “.
Newspaper advertisingKoran merupakan satu
diantara media iklan yang paling terkenal pada usaha kecil.Sebagian usaha
mengiklankan pada Koran local. Mayoritas penduduk di United Kingdommenerima
Koran dan Koran dikirim tanpa biaya pada area perumahan. Untuk
sebagian besar keluarga dan individu membaca merupakan suatu kebiasaan. Koran dapatmenjangkau
pembaca secara luas, maka Koran merupakan media yang efektif untukusaha kecil.
Ada beberapa manfaat yang didapat UKM apabila menggunakan mediaKoran untuk
iklan yakni Koran fleksible dan mudah, karena pengiklan dapat mengubahfomat
iklan seperti ukuran dan iklan baru pada catatan kecil yang disesuaikan
dengananggaran pengiklan. Manfaat lainnya adalah berbagai macam ukuran iklan
yangditawarkan. Yang terakhir adalah Koran menjangkau wilayah geografi dan
kelompok pelanggan yang dipilih. Contohnya, perguruan tinggi mengiklankan sesuatu pada
Times Higher Education Suplement yang
bertujuan untuk menjangkau orang- orang yangmemiliki
tingkat edukasi yang tinggi. Ada beberapa kelemahan mengiklankan padaKoran. Koran
biasanya dibaca hanya sekali, konsekuensinya siklus iklan kita pendek.Juga
tidak ada jaminan bahwa orang yang membeli Koran melihat iklan kita.
Magazine advertisingMajalah merupakan alat
lainnya yang digunakan sebagai media iklan. Sebagian besar prinsip dari media cetak sama. Namun ada perbedaan dari media majalah dan Koran.Misalnya
Koran diterbitkan setiap hari namun majalah diterbitkan tiap minggu, bulan
dan biasanya majalah dibaca ulang. Iklan dengan menggunakan majalah lebih berorientasi pada
gambar dan kualitas gambarnya lebih baik dibandingkan Koran.
Radio advertisingRadio sebagai media penyiaran
menawarkan variasi dari informasi kepada kelompokaudience yang berbeda.
Misalnya, radio menyiarkan laporan cuaca, berita olahraga,music dan iklan.
Iklan dengan menggunakan radio lebih murah dibandingkan TV. Iklandengan radio
lebih aktif dibandingkan dengan iklan media cetak, maka dapatdigabungkan dengan
iklan media cetak. Kelemahan dari iklan radio adalah audience
tidak bisa melihat iklan pada radio. Poin penting pada iklan radio adalah anda harusmenggunakan
waktu yang tepat saat mengiklankan untuk menjangkau target pelangganyang benar.
Television advertisingIklan dengan
menggunakan televise dapat dipertimbangkan sebagai media utama iklan.Iklan
tersebut dapat dilihat, bersuara, bergambar dan berwarna. Iklan
denganmenggunakan TV, setiap usaha dapat menjangkau audience dimana saja
danmenampilkan kepada mereka apa saja. Mengjangkau kelompok yang berbeda
dari pelanggan dari anak- anak sampai orang dewasa. Banyak
orang menghabiskan waktunyasetiap hari untuk menonton TV, oleh karena
itu sangat mungkin menjangkau audienceyang menjadi target dengan menggunakan
iklan pada TV. Kelemahan utama iklandengan menggunakan TV adalag biayanya yang
mahal dibandingkan dengan medialainnya.
World Wide WebBelakangan ini iklan via
World Wide Web menjadi sangat popular untuk usaha kecilmaupun yang besar.
Yellow PagesYellow Pages merupakan media
iklan yang baik untuk menjangkau area pasar local untukusaha kecil. Media ini
memungkinkan usaha kecil untuk menjadi daftar bisnis dan iklanyang telah
diklasifikasi dalam sebuah buku. Yellow Pages dikirim secara gratis kerumah-
rumah dan memungkinkan pelanggan potensial menghubungi anda walaupunmereka
tidak mengetahui nama anda pada awalnya.
0 Response to "Mengenal Strategi Iklan"
Posting Komentar