Mengenal Strategi Iklan


Mengenal Strategi Iklan



Strategi Periklanan

Strategi periklanan merupakan satu diantara strategi pemasaran yang paling penting untuk usaha kecil. Iklan merupakan metode promosi yang efektif yang menyediakan informasimengenai produk dan jasa perusahaan untuk pelanggan potensial, yang mencari tahu dua jenisinformasi mengenai produk yang ingin mereka beli. Pertama, mereka ingin mengetahuimengenai produk dan jasa itu sendiri dan yang kedua adalah bagaimana menggunakan produkatau jasa tersebut. Telah banyak produk ataupun jasa yang memiliki kualitas tinggi yangmengalami kegagalan di pasar karena pelanggan potensial tidak mengetahui produk atau jasatersebut atau bagaimana cara penggunannya. Oleh karena itu, strategi periklanan membantuUKM untuk memperkenalkan produk dan jasa mereka secara efektif dan mendorong penjualan.

Perusahaan. Iklan perlu direncanakan dan diterapkan secara professional. Sebuah strategi periklanan yang efektif harus mengandung tiga elemen utama yakni tujuan iklan, pemilihanmedia dan anggaran iklan. Sebelum mendiskusikan ketiga elemen utama tersebut, berikutmerupakan definisi dari iklan.
Apa yang Dimaksud dengan Iklan ?

Pada dasarnya iklan telah didefinisikan sebagai sebuah bentuk komunikasi yang dibayaroleh sponsor untuk mempromosikan ide, barang atau jasa. Hal tersebut dimaksudkan untukmengajak dan memberikan infomasi
(Oxford Dictionary of Business, 2002).

 Demikian pulaKotler dan Armstrong mendefisinikan iklan sebagai bentuk preentasi non- personal yang berbayar untuk mempromosikan ide, barang atau jasa (Kotler and Armstrong, 1994: 487).Seperti yang kita lihat, bahwa kedua definisi di atas, iklan merupakan bagian dari strategi pemasaran. Karena iklan merupakan alat komunikasi yang
 powerful,
 dengan iklan perusahaanmampu berkomunikasi dengan pelanggan, berinteraksi dengan pelanggan potensial danmenetapkan posisi perusahaan dengan pesaing. Sebagai bagian strategi pemasaran yang efektif,iklan dipertimbangkan untuk investasi masa depan pada bisnis daripada sebagai biaya tambahan.

 Anggaran Iklan

            Langkah kedua untuk mengembangkan rencana iklan untuk UKM adalah menentukan danmengalokasikan anggaran iklan. Ketika tujuan dan sasaran dari iklan telah ditentukan secara jelas, anggaran iklan harus disiapkan. Anggaran iklan menentukan seberapa besar biaya yangharus dikeluarkan oleh UKM pada waktu tertentu dan menyiapkan anggaran iklan bukan suatuhal yang mudah. Banyak factor yang harus dipertimbangkan seperti siklus hidup produk perusahaan dan pangsa pasar (Curran, 1996) yang mempengaruhi penentuan dari anggaran iklan.Manajer dari usaha kecil
menerapkan metode yang berbeda dalam menyusun anggaran iklan.Persentase dari penjualan merupakan hal yang paling umum digunakan dan metodetermudah untuk menyusun anggaran iklan. Beberapa persentase dari perkiraan penjualan akandianggarkan untuk iklan. Oleh karena itu, biaya dari anggaran iklan akan tergantung dari besarnya volume penjualan. Metode kedua dan metode yang paling sukses adalah denganmenghubungkan anggaran iklan dengan tujuan bisnis. Dengan cara ini, manager usaha kecilmenghabiskan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan., menghubungkan biayaiklan dengan tujuan tertentu. Maka, tujuan bisnis harus ditetapkan untuk satu tahun ke depan dan biaya untuk tiap tujuan harus tercermin pada perencanaan anggaran. Anggaran iklan harusdirencanakan untuk setahun selama periode 12 bulan. Hal ini membantu para pebisnis untukmelihat masa depan.

 Memilih Media

Langkah ketiga dalam mengembangkan strategi iklan yang efektif adalah memilih media terbaikuntuk menjangkau target pasar. Ketika memilih media iklan, UKM harus mempertimbangkanfactor- factor yang krusial seperti karakteristik dari kelompok target pelanggan, ukuran pasar dan biaya iklan. Ada beberapa variasi media seperti radio, Koran local, World Wide Web, televise, bioskop, tempat parkir, iklan transportasi,
 yellow pages
 dan metode lainnya yang secara potensial bermanfaat untuk UKM. Tiap media memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka dariitu, akan sangat bermanfaat apabila mengembangkan penggabungan media iklan untuk tujuaniklan. Beberapa media yang dipilih untuk iklan pada usaha kecil yakni “.

Newspaper advertisingKoran merupakan satu diantara media iklan yang paling terkenal pada usaha kecil.Sebagian usaha mengiklankan pada Koran local. Mayoritas penduduk di United Kingdommenerima Koran dan Koran dikirim tanpa biaya pada area perumahan. Untuk sebagian besar keluarga dan individu membaca merupakan suatu kebiasaan. Koran dapatmenjangkau pembaca secara luas, maka Koran merupakan media yang efektif untukusaha kecil. Ada beberapa manfaat yang didapat UKM apabila menggunakan mediaKoran untuk iklan yakni Koran fleksible dan mudah, karena pengiklan dapat mengubahfomat iklan seperti ukuran dan iklan baru pada catatan kecil yang disesuaikan dengananggaran pengiklan. Manfaat lainnya adalah berbagai macam ukuran iklan yangditawarkan. Yang terakhir adalah Koran menjangkau wilayah geografi dan kelompok pelanggan yang dipilih. Contohnya, perguruan tinggi mengiklankan sesuatu pada
Times Higher Education Suplement yang
 bertujuan untuk menjangkau orang- orang yangmemiliki tingkat edukasi yang tinggi. Ada beberapa kelemahan mengiklankan padaKoran. Koran biasanya dibaca hanya sekali, konsekuensinya siklus iklan kita pendek.Juga tidak ada jaminan bahwa orang yang membeli Koran melihat iklan kita.

Magazine advertisingMajalah merupakan alat lainnya yang digunakan sebagai media iklan. Sebagian besar prinsip dari media cetak sama. Namun ada perbedaan dari media majalah dan Koran.Misalnya Koran diterbitkan setiap hari namun majalah diterbitkan tiap minggu, bulan dan biasanya majalah dibaca ulang. Iklan dengan menggunakan majalah lebih berorientasi pada gambar dan kualitas gambarnya lebih baik dibandingkan Koran.
Radio advertisingRadio sebagai media penyiaran menawarkan variasi dari informasi kepada kelompokaudience yang berbeda. Misalnya, radio menyiarkan laporan cuaca, berita olahraga,music dan iklan. Iklan dengan menggunakan radio lebih murah dibandingkan TV. Iklandengan radio lebih aktif dibandingkan dengan iklan media cetak, maka dapatdigabungkan dengan iklan media cetak. Kelemahan dari iklan radio adalah audience tidak bisa melihat iklan pada radio. Poin penting pada iklan radio adalah anda harusmenggunakan waktu yang tepat saat mengiklankan untuk menjangkau target pelangganyang benar.
Television advertisingIklan dengan menggunakan televise dapat dipertimbangkan sebagai media utama iklan.Iklan tersebut dapat dilihat, bersuara, bergambar dan berwarna. Iklan denganmenggunakan TV, setiap usaha dapat menjangkau audience dimana saja danmenampilkan kepada mereka apa saja. Mengjangkau kelompok yang berbeda dari pelanggan dari anak- anak sampai orang dewasa. Banyak orang menghabiskan waktunyasetiap hari untuk menonton TV, oleh karena itu sangat mungkin menjangkau audienceyang menjadi target dengan menggunakan iklan pada TV. Kelemahan utama iklandengan menggunakan TV adalag biayanya yang mahal dibandingkan dengan medialainnya.

World Wide WebBelakangan ini iklan via World Wide Web menjadi sangat popular untuk usaha kecilmaupun yang besar.

Yellow PagesYellow Pages merupakan media iklan yang baik untuk menjangkau area pasar local untukusaha kecil. Media ini memungkinkan usaha kecil untuk menjadi daftar bisnis dan iklanyang telah diklasifikasi dalam sebuah buku. Yellow Pages dikirim secara gratis kerumah- rumah dan memungkinkan pelanggan potensial menghubungi anda walaupunmereka tidak mengetahui nama anda pada awalnya.


0 Response to "Mengenal Strategi Iklan"

Posting Komentar