Unsur-Unsur Iklan


Unsur-Unsur Iklan




Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektroni.
Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan  Ikmedia cetak. Iklan cetak adalah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.
 
Sedangkan eklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll. Iklan baik media cetak maupun elektronik memiliki unsur-unsur berikut.

1.      Nama produk.
2.      Gambar yang menarik.
3.      Kalimat iklan.
4.      Keunggulan produk.
5.      Harga produk.
6.      Nomor telepon.
7.      Alamat pengiklan.

Iklan yang baik tentu harus menggunakan bahasa yang baik. Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.

1.      Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
2.      Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
3.      Menggunakan kata konotasi positif.
4.      Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan pada gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Tuliskan pada kolom berikut.

No.
Unsur Iklan
1.
Nama Produk (Payung Lukis)
2.
Gambar yang menarik
3.
Kalimat iklan (Kerajinan khas Tasikmalaya Jawa Barat)

Ayo Berlatih
Untuk memperdalam pengetahuan kamu tentang iklan, lakukanlah latihan berikut. Perhatikan iklan kolom dalam sebuah koran berikut.

No.
Unsur Iklan
1.
Nama Produk (Totota Termurah New Avanza)
2.
Gambar yang menarik
3.
Kalimat iklan (Free hadiah tanpa undian)
4.
Keunggulan Produk (DP murah Angsuran Ringan Proses cepat dan Mudah)
5.
Nomor telepon (0221866667777)

Ciri Bahasa
No.
Ciri Bahasa Iklan
1.
Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
2.
Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik
3.
Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti

Secara sederhana, pengertian teks iklan adalah sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media. Namun, untuk membedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli.


0 Response to "Unsur-Unsur Iklan"

Posting Komentar