EMAIL MARKETING


PENGERTIAN EMAIL MARKETING

Email marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan anda dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia anda.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh radicati group lebih dari 34% orang di seluruh dunia menggunakan surat elektronik semacam email. Jumlah jelasnya sekitar 2,5 miliar orang. Jumlah pengguna email ini diperkirakan akan meningkat menjadi 2,8 miliar pengguna dalam 2 tahun ke depan. Lembaga riset tersebut juga memperhitungkan bahwa dunia mengirimkan sekitar 196 miliar setiap hari. Dari total 196 milira email ini, 109 miliar adalah email bisnis. Jumlah yang besar? Sangat besar. 

KLASIFIKASI EMAIL MARKETING
  1. Newsletter
  2. Digest email
  3. Email khusus
  4. Email follow up
  5. Email sponsorship
  6. Email transaksional
MEMBUAT EMAIL MARKETING
Strategi membuat email marketing yang efektif :
  1. Pilih platform yang tepat
    Kita tidak bisa mengirimkan email marketing hanya dengan menggunakan bantuan gmail atau yahoo karena jumla email yang dikirimkan sangat banyak. Terdapat berbagai platform yang bisa digunakan seperti mailchimp, constantcontact, omnisend, benchmark, dan zoho campaign.
  2. Grow your mailing list
    Dalam hal ini kita perlu membuat list alamat email calon konsumen yang potensial agar dapat mengirimkan email marketing. Bagaimana caranya agar calon konsumen bersedia untuk menyerahkan alamat emailnya kepada kita? Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk memperoleh alamat email konsumen:
    a)     
    Berikan tawaran ekslusif dan diskon khusus
    b)     
    Adakan undian atau kontes
    c)     
    Berikan konten gratis
  3. Segmentasi konsumen
    Segmentasi konsumen dapat dibuat berdasarkan beberapa aspek seperti:
    a)     
    Tipe konsumen
    b)     
    Minat konsumen
    c)     
    Lokasi
    d)     
    Engagement
  4. Buat konten menarik
    Diperlukan konten yang bagus dan efektif untuk dapat merubah penerima email marketing menjadi konsumen. Tentu konten email harus disesuaikan dengan segmentasi konsumen yang sudah dibuat sebelumnya. Berikut beberapa komponen tersebut:
    a)     
    Format email yang akan dikirim
    b)     
    Subject email
    c)     
    Badan email
    d)     
    Call to action
  5. Memelihara komunikasi dengan konsumen
    Melalui email marketing kita dapat membangun komunikasi yang lebih personal dengan konsumen. Banyak ide konten email marketing yang dapat diterapkan agar konsumen tidak bosan dengan konten yang selalu sama. Beberapa diantaranya adalah:
    a)     
    Produk dan layanan baru
    b)     
    Promosi musiman
    c)     
    Ulang tahun dan anniversary
  6. Evaluasi email marketing
    Setelah mengirimkan email marketing kepada konsumen kita juga perlu memeriksa dan mengevaluasi sejauh mana keberhasilan email yang dikirimkan. Hal ini diperlukan sebagai dasar untuk pengiriman email marketing selanjutnya agar semakin efektif. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam evaluasi adalah sebagai berikut:
    a)     
    Open rate : presentase konsumen yang membuka email
    b)     
    Bounce rate : presentasi email yang gagal masuk ke kotak masuk email
    c)     
    Click through rate : presentase konsumen yang meng klik link yang tersedia di dalam email
    d)     
    Unsubscribe : presentase konsumen yang unsubscribe atau membatalkan langganannya.
EMAIL MARKETING TOOLS
  1. Kirim.email
  2. Mailchimp
  3. Constant contact
  4. Hubspot
MENULIS EMAIL MARKETING

ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis email marketing. Apa saja bagiannya? Berikut penjelasannya:
  1. Tujuan email yang jelas
  2. Tulis subjek yang menarik
  3. Buat 3 kalimat pertama email anda catchy
  4. Buat call to action yang jelas
  5. Jangan lupa personalisasi
  6. Pastikan email tetap pendek
  7. Jangan buat email anda terlihat seperti spam
sumber :

0 Response to "EMAIL MARKETING"

Posting Komentar