MEDIA SOSIAL



DEFINISI
 (Philip Kotler dan Kevin Keller) mengatakan bahwa media sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.
Secara umum media sosial adalah media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di media sosial kita dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking dan berbagai kegiatan lainnya.

MACAM-MACAM PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL
Ada berbagai macam pemasaran melalui media social, yaitu:
  1. Facebook
    Facebook memiliki fasilitas yang digunakan untuk pemasaran seperti group, fanpage, online chat, dsb. Keuntungan facebook :
    -         
    Cara membuatnya mudah
    -         
    Cara menggunakannya mudah
    -         
    Pasar facebook luas
    -         
    Facebook memiliki banyak fasilitas pendukung
  2. Twitter
    Yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah membuat akun twitter:
    -         
    Gunakan nama yang dikenal pasar
    -         
    Gunakan profil yang menarik
    -         
    Berikan informasi terbaru
    -         
    Cari lah teman sebanyak-banyaknya
    -         
    Pilih kata-kata yang menarik
    -         
    Pilih topik yang tepat
    -         
    Arahkan teman ke website
  3. Pinterest
    Pinterest merupakan platform untu menampilkan gambar atau mengunggah gambar yang di desain menarik dengan topik di sajikan secara online.
  4. Linkedin
    Linkedin merupakan jaringan social yang berorientasi bisnis terutama digunakan untuk jaringan professional. Manfaat linkedin adalah :
    -         
    Membantu rekruitmen
    -         
    Membantu pemasaran
    -         
    Memberikan penawaran biaya
  5. Youtube
    Adalah sebuah platform berbasis audio video yang sangat terekanl dan saat ini intensitas penontonnya melebihi tv.
PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL
Menggunakan jejaring media social merupakan salah satu ladang yang subur untuk memanen keuntngan khususnya bagi yang melakoni bisnis e commerce atau jualan online. Setidaknya ada 10 tips jualan online melalui jejaring social selain menggunakan advertising online, yaitu:
  1. Targetkan pengguna potensia
  2. Gunakan hastag
  3. Tandai hanya pelanggan saja
  4. Pasanglah foto profil yang menampilkan produk unggulan anda.
  5. Gunakan kalimat yang menarik (copywriting)
  6. Hindari kampanye negative terhadap pesaing
  7. Tiru metode marketing flash sale
  8. Bangun komunikasi dengan pelanggan
  9. Berikan respon dengan cepat
  10. Sesekali buatlah status atau postingan yang bersifat personal atau sesuai tren.
PENGERTIAN VIRAL MARKETING
Di dalam dunia marketing juga ada yang disebut dengan viral marketing. Menurut Ferrel, Hartline dan Lucas (2004:106) viral marketing adalah an electronic form of word of mouth communication. Viral marketing dapat diartikan sebagai suatu bentuk elektronik dari komunikasi dari mulut ke mulut.
Viral marketing saat ini adalah promosi dari mulut ke mulut dalam format elektronik yang adalah strategi marketing yang berkaitan dengan menciptakan pesan online yang orisinal dan cukup menghibur yang mendorong konsumen untuk menyampaikan pesan ke konsumen lainnya, menyebarkan pesan dalam web seperti virus seacara gratis tanpa membebani pengiklan. Adapun kelebihan utama viral marketing adalah:
  1. Internet telah menyatukan jutaan orang didunia cukup dengan menekan tombol
  2. Cepatnya penyebaran informasi melalui internet tidak bisa dibandingkan dengan sarana informasi lainnya. Pengaruh eksponen internet sangat unik. Hanya dalam hitungan detik sebuah pesan bisa dibaca oleh banyak orang diseluruh dunia.
  3. Kekuatan viral marketing mempunyai keterhubungan dengan merek yang sudah terkenal, pengguna website dan kesetiaan pelanggan. Hal ini disebabkan oleh proses penggunaan website dan kesetiaan pelanggan.
  4. Kekuatan viral marketing membuat biaya yang dikeluarkan untuk menyebarkan informasi itu sangat kecil
  5. Viral marketing memberikan kredibilitas instan pada perusahaan atau produk dan pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman pesan
  6. Viral marketing bisa diukur, menawarkan kesempatan kepada marketer untuk melacak dan menganalisis keefektifan kampanye yang sudah dilakukan.
Sedangkan kelemahan viral marketing adalah:
  1. Ketergantungan pada triggers (pemicu utama viral marketing yang dapat terdiri dari berbagai media). Tanpa pemicu yang mampu menarik minat konsumen, pesan yang disebarkan tidak akan melalui proses replikasi dan akan mati;
  2. Sangat susah untuk dikendalikan dan diawasi, dengan proses replikasi yang cepat dan penyebaran yang luas, menyebabkan perusahaan atau ahli pemasaran kehilangan kendali akan isi pesan yang disampaikan.

Sumber :

0 Response to "MEDIA SOSIAL"

Posting Komentar