Mengenal FL Studio 12
Pada pembahasan pertama tentang Fl studio 12 ini berupa pendahuluan dan perkenalan dari interfacenya atau alur kerja dasar Fl Studio 12.
Ini nih bagi pemula yang baru di fl studio yang pasti kebingungan bagaimana cara memulainya? fungsi ini untuk apa? dan gimana cara makingnya?.
Bagi yang udah tau mohon maaf, saya hanya menshare sepengetahuan saya.
Langsung aje.
Software Fl studio 12 sendiri memungkinkan untuk sesorang membuat Instrumen musik dan Sample, memasukkan sendiri(manual) not data, merekam suara ekternal(dari mikrofon), dan memainkan musik campuran melalui mixer(seperti menambahkan efek).
Proyek yang telah selasai bisa disimpan ke dalam bentuk FLP atau Zip bisa juga anda ekspor ke Wav, .mp3 dan audio lainya yang membuat musik buatan anda bisa didengar dan dinikmati.
Jendela Utama Fl Studio
Di Interface atau jendela utama Fl Studio begitu banyak bisa anda lihat fiturnya seperti gambar diatas bagi yang baru menginstalnya pasti bingung dan bertanya sendiri "Bagaimana ini memulainya?" atau "Ini Fungsinya apa?" lalu mengotak atik satu persatu yang diinterface pada makin bingung lalu carilah videonya tutorialnya youtube tapi untuk hal seperti bukanlah lelucon karna ini yang membuat Anda tidak sadar memahami dan mengerti satu persatu isi dan kegunaan di dalam softwarenya karna sayapun begitu awalnya haha -__-.
Fl Sendiri didasari dengan banyak jendela, sebagian besar ada yang begerak(tumpang tindih), resizable, zoomable, dan switchable jadi jika jendela anda tidak terlihat bisa terbuka dengan menggunakan toolbar Shortcut (seperti tombol fungsi yang tercantum dalam kurung) dan berikut terlihat di gambar bawah ini.
atau bisa gunakan tombol cepat shortcut(keys dan action) Fruity loop.
Baca juga : keyboard dan mouse na na na
Bagian Jendela utama yang terlibat dalam penciptaan musik FL Studio adalah :
Saluran Rack tombol cepat keybordnya (F6).
Piano roll Shortcutnya (F7).
Mixer key dan actionnya (F9).
dan Playlist (F5).
nb : untuk kata-kata tombol cepat, shortcut dan key action penegertiannya sama aja cuma beda kata.
Bagian Browser (Alt + F8) digunakan untuk mengakses file audio, plugin dan preset (Pengaturan file pilihan untuk menambahkan folder tempat lain pada komputer anda untuk browser).
Catatan : Jika anda merasa perlu mengatur ulang posisi semua jendela utama FL Studio bisa menggunakan default (Ctrl + Shift + H) atau melihat pilihan menu view.
Workflow
Setelah Anda menguasai antarmuka(interface) Fl Studio, langkah berikutnya adalah agan bisa mempelajari prosedur untuk menciptakan musik(Fl studio Workflow).
Langkah-langkah trek diuraikan dibawah berikut ini :
1. Instrumen
Channel Rack memegang instrumen (plugin) yang menciptakan generator suara dan internal yang mengontrol automation. Semua pattern memiliki akses ke semua instrumen di Rack Channel. Pattern tidak terbatas pada satu instrumen ketika mereka berada di sequencer lainya.
Data musik bisa dibuat dalam bentuk urutan langkah atau skor di Piano roll. Ketinggian Channel Rack akan berubah secara dinamis ketika anda menambah dan menghapus plugin.
Langkah sequencer berbasis pola(pattern) grid sequncer, ideal untuk membuat drum loop ketika saluran dimuat dengan native sampler, yang memegang sampel perkusi tunggal perchannel.
Instrumen plugin membuat suara yang digunakan dalam sebuah lagu dan dimuat dalam Channel Rack. Pada layar shots diatas, antarmuka intrumen diminimalkan dan dapat diakses dengan menklik kiri pada tombol Channel.
Instrumen umumnya jatuh dalam dua tipe, Synthesizer software yang menciptakan audio menggunakan internal 'Systhesis Engine' atau Sample player yang memutar suara rekaman (audio recording) seperti drum loop.
Ada beberapa cara untuk membuat instrumen baru(new intrument) :
+ - Gunakan tombol tambah Channel di bagian bawah dari Channel Rack.
Tambahkan menu - Gunakan menu Add.
Mengganti saluran instrumen yang ada - Klik kanan pada tombol Channel dan pilih Replace - dari menu konteks pop-up.
Seret item dari Browser - tarik(drag) plugin preset atau samples/loops dari browser ke jendela Channel atau Mixer Trek dan Channel akan dimuat dan di alihkan ke yang Mixer Track.
Gunakan Plugin Picker- Buka Plugin Picker Database (F8) dan double-klik sebuah instrumen atau tarik(seret) ke Channel Rack atau Mixer trek dan Plugin akan dimuat dan dialihkan ke yang Mixer track.
Dalam kasus sample dan Loops anda juga dapat menyeret dari Browser ke Playlist (lihat dibawah). Ketika Anda tarik sampel ke Daftar putar intrumen Audio clip secara otomatis jendela Channel akan bertambah atau anda dapat klik kanan sampel di Browser dan kirim ke salah satu intrumen dalam daftar pop-up.
Tambahkan folder Anda sendiri untuk Browser dengan (F10) - dialog File Settings.
Untuk membuka antarmuka instrumen klik-kiri pada tombol Channel.
Pikirkan jendela saluran sebagai rack dari Sythesizer atau Sampler yang dapat di alihkan ke salah satu dari 99 mixer trek menggunakan pengaturan Channel FX (Mixer Trek Selector).
2. Composing dan Sequencing
Penyusunan - Catatan musik dan akord dapat dimainkan melalui Keyboard Controller atau dimasukkan secara manual lewat Piano roll (klik kanan di tombol Channel untuk membuka Piano roll) bisa juga menggunakan default Langkah sequencer untuk memicu sampel perkusi.
Ada langkah merekam pilihan pada Recording panel juga.
Ketika mengedit Pattern, pastikan anda berada di Pattern mode sehingga ketika Anda menekan memainkan Pattern yang dipilih saat dimainkan.
Di sebelah kanan masing-masing tombol instrumen di Channel Window adalah baik tampilan langkah sequencer (baris kotak) atau mini-preview dari Piano roll (garis hijau).
Langkah Sequencer dan piano gulungan yang dipertukarkan untuk setiap Channel
Intrumen new
Mulai dengan Pattern Langkah sequencer kosong secara default. Langkah sequncer dan piano roll menyimpan data catatan hanya untuk saluran intrumen mereka yang terkait dengan.
Langkah sequencer 'langkah" diaktifkan oleh klik-kiri kotak untuk mengaktifkan mereka, atau klik kanan untuk mematikannya (besar untuk program perkusi).
Untuk membuka Piano roll yang ada, klik-kiri langsung pada jendela mini-preview
Untuk mengubah Pattern - klik kiri terus dan geser keatas atau kebawah pada Selector Pattern (ditampilak diatas.) untuk mengubah jumlah pola dan berkerja pada pattern baru.
Hngga 999 pola yang unik dapat dibuat. Tumpukan lengkap instrumen saluran dan Langkah urut atau Piano roll data mereka adalah Pattern tunggal. Dalam contoh diatas, Pattern 1 terdiri dari harmor Channel yang dimainkan oleh Piano roll dan langkah urutan hat channel. Pada contoh dibawah Pattern 2 hanya terdiri dari langkah-langkah data bermain kick dan Hat saluran
Ketika anda melangkah melalui Pattern dengan selector Pattern, penampilan Channel Windows akan berubah untuk mencerminkan data catatan terkait dengan setiap Pattern.
njang masing-masing Pattern dapat bervariasi dan ditentukan oleh jumlah bar membentang oleh data terpanjang di salah satu saluran.
iano gulungan mungkin dari setiap panjang, The LCD window menunjukkan '_' disudut kiri atas Channel Window perubahan jumlah langkah-langkah dalam Pattern (4-64 yang mungkin).
3. Arangging dan Editing.
Playlist sekuen semua elemen dari proyek yang meminkan untuk membuat lagu terakhir. Jendela Playlist adalah tumpukan multi tujuan 'Trek Clip' yang dapat meng-host Pattern Klip, audio clip dan otomasi Clip. Tidak seperti kebanyakan sequencer lain, trek Playlist tidak terikat ke salah satu instrumen, rekaman Audio atau bahkan clip jen Anda dapat menempatkan semua jenis Clip dimana saja dan bahkan overlay Clip. Pikirkan Clip sebagai sedikit seperti Catatan di Piano roll. Ketika bermain-kepala mencapai Clip sebuah, FL Studio memainkan apapun Clip menginstruksikan untuk melakukan.
Arrangging - untuk menggunakan Playlist Anda akan perlu untuk memiliki setidaknya edisi Fruity.
Mengatur dengan edisi produser - Gunakan Playlist untuk menahan tiga jenis data, menggunakan pemilih sumber klip (ditampilakan dibawah) untuk memilih :
Pattern Clip (catatan) - Pattern umumnya menyimpan data catatan untuk instrumen sequencing Plugin, meskipun mereka juga daoat berisi data Otomatis acara.
Audio Clip (audio/loop/sample) - Jika Clip Audio sudah ada, dapat dipilih dari Clip sumber pemilih, jika tidak anda dapat menarik sampel/loop/file audio dari Browser langsung ke Playlist. Menambahkan folder Anda sendiri untuk Browser dengan (F10) dialog pengaturan file.
Otomasi Clip (gerakan kontrol) - Otomasi Clip bergerak tombol-tombol dan kontrol pada interface FL Studio dan plugin. Untuk membuat Otomasi Clip klik kanan pada kontrol interface dan pilih "Create Otomasi Clip".
Mengatur dengan 'Fruity Edition' - yang hanya memiliki akses ke Pattern jenis Clip yang menyimpan data catatan dari Stepsequences atau piano roll dan kegiatan otomasi. Panjang dari Pattern Clip akan ditentukan oleh panjang data didalamnya, Anda tidak dibatasi.
Audio - Sejak audio Clip tidak tersedia di Fruty Edition, untuk memasukkan lagu-Panjang Audio yang Anda dapat memicu Sampler Channel dari Pattern menggunakan Piano roll untuk mengontrol durasi sampel.
Catatan : C5 akan meminkan audio di lapangan asli.
Sebuah metode seleksi Clip alternatif adalah dengan mengklik-kanan tab dari Playlist pemilih Clip Focus untuk menunjukkan Klip dari kategori yang diinginkan.
Setelah Clip dipilih, pilih draw (pensil) atau Cat(brush) modus klik-kiri pada area kosong dari Playlist. Menyeret dalam mode Brush akan mengulangi Clip yang anda tarik horizontal.
Setelah ditempatkan, Pattern Clip dapat diklik + diseret(drag) sekitar (horizontal atau vertikal) dengan nama-bar yang berjalan di sepanjang bagian atas klip. Cara bergerak Clip akan terganggu pada Playlist snap pengaturan dan tingkat Zoom.
Trek Playlist Clip dapat diberi nama, berwarna, naik atau turun dan diredam. Fungsi-fungsi ini diakses oleh Klik kanan pada area Nama pada awal setiap lagu.
Anda dapat menempatkan Pattern Clip di setiap Clip Track, atau sejumlah klip yang berbeda di jalur yang sama. Trek Clip adalah jalur Holding hanya universal untuk setiap dan semua jenis data.
Playback - Pastikan anda berada di Song mode sehingga Pattern yang dimainkan dari Playlist. Jika tidak, anda akan bermain hanya pola yang dipilih. Ada putar tombol pada bagian atas jendela Channel dan Playlist, Sehingga Anda juga dapat memulai Pattern atau PLaylist Play-kembali itu.
Fl Studio tidak terbatas pada sequencing berbasis pattern, Anda juga dapat memasukkan Pattern Clip yang tidak terpakai ke dalam Playlist dan memutar data lagu-panjang(pattern). Dengan demikian, Fl Studio memiliki Fleksibilitas menjadi baik 'berbasis track' sequencer, sebuah 'berbasis pattern' sequencer, atau kombinasi dari keduanya.
4. Mixing
Channel Rack menunjukkan tombol Channel untuk setiap instrumen. Audio dari setiap Saluran dikirim ke salah satu Lintasan Mixer untuk efek pengolahan dan tingkat pencampuran.
Setelah membuka akses instrumen. Instrumen Setting Channel dari ikon Setting Channel. Lintasan Clip daftar putar tidak terikat Mixer Trek, bukan Channel Rack untuk Mixer Routing yang memutuskan Mixer track atau s yang digunakan.
Jadi Channel Instrumen terikat untuk trek Mixer, bukan trek Playlist.
Misalnya, Pattern tunggal Clip di jalur Playlsit tunggal, bisa memicu setiap instrumen Channel Rack, dan sehingga semua Mixer trek jika mereka diarahkan sesuai.
Jika Anda ingin mensimulasikan 'tradisional' sequencer alur kerja : Route setiap Instrumen untuk trek mixer terpisah. Gunakan salah satu instrumen Channel perPattern Clip dan menggunakan satu lagu panjang Pattern CLip per Track Playlist.
Mixing - Suara dari Channel instrumen di teruskan ke Mixer menggunakan pengaturan Channel Mixer Track send (seperti yang ditunjukkan si atas). Gunakan Mixer untuk mengatur tingkat dan menambahkan Efek (FX) seperti dengung (reverb), paduan suara dan delay.
Lihat halaman levels, Mixing dan Klipping saran mixing yang lebih rinci, dan khususnya bagian membuat trek lebih keras (dan baik) untuk beberapa tips untuk mendapatkan besar komersial suara.
Hampir semua aspek pencampuran yang automatable, sehingga gerakan fader dan perubahan tombol menjadi bagian dari kinerja secara keseluruhan.
The mixer juga merupakan tempat dimana audio eksternal dari mikrofon, gitar atau sythesizer dapat direkam bersama dengan instrumen internal.
Suara yang direkam ditampilkan di Playlist sebagai Clip Audio.
Catatan : Saluran Routing Instrumen Trek Mixer - Cara Paling efesien untuk rute satu atau lebih Saluran untuk Mixer trek adalah untuk :
Kiri atau Klik kanan Selector Saluran LED ke sisi kanan setiap Instrumen Channel Anda ingin rute (klik kanan memungkinkan beberapa pilihan).
Klik kanan trek sasaran mixer dan pilih link yang dipilih Channel untuk lagu ini dari menu pop-up. Atau menggunakan dipilih Channel tautan, mulai dari lagu ini untuk menetapkan beberapa Channel untuk beberapa track Mixer.
5. Exporting Audio
Mengekspor/Rendering - Campuran akhir diekspor dari FL Studio ke wav, .mp3 atau berkas Ogg Format dengan memilih opsi ekspor dari file menu di non-real time proses yang disebut rendering.
CD ? Jika Anda ingin membuat CD Audio Anda perlu untuk membuat 16-Bit, File 44,1 kHz wav. FL Studio tidak membakar CD audio sehingga anda akan perlu menggunakan pihak ke 3 Audio CD aplikasi membakar.
Source : http://vruzyid.blogspot.com/2017/04/pengenalan-interfaceantar-muka-fl.html
0 Response to "Mengenal FL Studio 12"
Posting Komentar