SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)




DEFINISI SEO
SEO (Search Engine Optimization) atau mesin pencari adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web di hasil pencarian alami (sering disebut juga pencarian tak berbayar atau non iklan atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari (google, safari, dll).
Berikut adalah contoh SEO:


Semakin baik peringkat di halaman itu berarti semakin baik keterbacaan/keterlihatan oleh pengunjung.

CARA KERJA SEO
Ada beberapa macam cara kerja SEO yang perlu kita ketahui yaitu:
  1. Crawling
    Crawling atau perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/sider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.
  2. Indexing
    Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya proses pendindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deksripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.
  3. Processing
    Ketika mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “cara kerja seo” kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.
  4. Calculating relevancy
    Dalam satu halaman web pastinya memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari. Contoh : pada kata kunci “pengertian seo” sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.
  5. Retrieving result.
    Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.

JENIS KATA KUNCI
Jenis kata kunci merupakan elemen penting dalam sebuah website. Keywords dalam SEO terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:
  1. Fat
    Kata kunci yang memiliki jumlah pencarian yang sangat banyak dan biasanya terdiri dari 1-2 kata.
  2. Mid
    Kata kunci yang biasanya memiliki 2-3 kata dengan jumlah pencarian dan relevansi menengah.
  3. Long-Tail.
    Kata kunci yang biasanya memiliki lebih dari 3 kata dengan relevansi pencarian yang tinggi,
Masing-masing jenis keywords memiliki perbedaan kegunaan dan manfaat yang dapat disesuaikan dengan bisnis perusahaan yang kita miliki

STRATEGI
Ada 3 jenis strategi SEO yang biasa digunakan dalam bisnis online, yaitu:

  1. Menyajikan konten terbaik
    Kita perlu pahami bagaimana mesin pencari bekerja. Pada dasarnya, search engine ingin menampilkan konten terbaik sesuai dengan yang dicari oleh pengguna. Search engine tidak ingin menampilkan konten yang tidak relevan atau tidak berguna. Oleh karena itu mesin pencari sangat berkepentingan dengan konten yang bagus. Apa sih kiriteria konten yang bagus itu?:

    a.      
    Membuat informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Jika informasinya cocok dengan yang dicari, sudah pasti pengunjung akan senang dan betah di situs. Tulis dengan gaya bahasa yang sesuai dengan target pengunjung dari website kita.
    b.     
    Tulis untuk manusia. Pembaca kita adalah manusia. Maka tulis untuk manusia. Meskipun banyak aturan mengenai cara penulisan SEO tetapi menulis sesuatu yang enak dibaca itu jauh lebih penting.
  2. Memahami keyword (kata kunci)
    Pebisnis online yang menggunakan SEO harus memahami kata kunci yang digunakan oleh pengunjung atau target market mereka. Kemudian perlu mengkaji kata kunci apa yang penting dalam usaha ini namun belum banyak persaingannya. Artinya belum banyak situs sejenis yang mentargetkan kata kunci.
  3. Membangun backlink
    Apa sih backlink itu? Sederhananya, ini adalah link yang diberikan oleh pihak lain ke situs kita. Jika link tersebut di klik maka pengunjung akan diantarkan ke situs yang diberikan oleh link tersebut. Backlink adalah bukti bahwa pihak lain menganggap bahwa situs kita penting sehingga layak diberikan sebagai referensi. Mesin pencari menangkap sinyal backlink tersebut dan menggunakan sebagai salah satu faktor penting dalam merangking hasil pencarian. 

SEO DAN OFF PAGE
Dalam SEO istilah off page optimization mengacu pada faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan halaman website kita. Jika on page SEO berhubungan dengan website seperti internal links, konten, dan keywords, off page berhubungan dengan link building atau back linking.
Saat mengevaluasi sebuah situs, mesin pencari akan melihat dari on page (hal-hal mengenai website anda) dan off page (seberapa populer website anda). Sederhananya kategori peringkat anda ditentukan oleh faktor on page dan seberapa tinggi peringkat anda dalam mesin pencari ditentukan oleh faktor off page.

Ada beberapa metode off page SEO yang bisa kita ketahui, yaitu:

1.      Metode kuno off page
a.       Promosi melalui forum
b.      Memasukkan website dalam mesin pencari
c.       Direktori artikel
d.      Website direktori
e.       Social bookmarking
f.        Penggunaan sosial media yang berlebihan
2.      Metode baru off page
a.       Link building
b.      Sosial media
c.       Local SEO



sumber :



1 Response to "SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)"

  1. mantab gan, untuk anda yang membutuhkan asupan backlink bisa ke >>> backlinksatu.com

    BalasHapus