DEFINISI
SEO
SEO
(Search Engine Optimization) atau mesin pencari adalah sebuah proses untuk
mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web di hasil
pencarian alami (sering disebut juga pencarian tak berbayar atau non iklan atau
pencarian organik) dari sebuah mesin pencari (google, safari, dll).
Semakin
baik peringkat di halaman itu berarti semakin baik keterbacaan/keterlihatan
oleh pengunjung.
CARA
KERJA SEO
Ada
beberapa macam cara kerja SEO yang perlu kita ketahui yaitu:
- Crawling
Crawling atau perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/sider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.
- Indexing
Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya proses pendindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deksripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu. - Processing
Ketika mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “cara kerja seo” kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari. - Calculating relevancy
Dalam satu halaman web pastinya memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari. Contoh : pada kata kunci “pengertian seo” sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima. - Retrieving result.
Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.
JENIS
KATA KUNCI
Jenis
kata kunci merupakan elemen penting dalam sebuah website. Keywords dalam SEO
terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:
- Fat
Kata kunci yang memiliki jumlah pencarian yang sangat banyak dan biasanya terdiri dari 1-2 kata. - Mid
Kata kunci yang biasanya memiliki 2-3 kata dengan jumlah pencarian dan relevansi menengah. - Long-Tail.
Kata kunci yang biasanya memiliki lebih dari 3 kata dengan relevansi pencarian yang tinggi,
STRATEGI
Ada
3 jenis strategi SEO yang biasa digunakan dalam bisnis online, yaitu:
- Menyajikan konten terbaik
Kita perlu pahami bagaimana mesin pencari bekerja. Pada dasarnya, search engine ingin menampilkan konten terbaik sesuai dengan yang dicari oleh pengguna. Search engine tidak ingin menampilkan konten yang tidak relevan atau tidak berguna. Oleh karena itu mesin pencari sangat berkepentingan dengan konten yang bagus. Apa sih kiriteria konten yang bagus itu?:
a. Membuat informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Jika informasinya cocok dengan yang dicari, sudah pasti pengunjung akan senang dan betah di situs. Tulis dengan gaya bahasa yang sesuai dengan target pengunjung dari website kita.
b. Tulis untuk manusia. Pembaca kita adalah manusia. Maka tulis untuk manusia. Meskipun banyak aturan mengenai cara penulisan SEO tetapi menulis sesuatu yang enak dibaca itu jauh lebih penting. - Memahami keyword (kata kunci)
Pebisnis online yang menggunakan SEO harus memahami kata kunci yang digunakan oleh pengunjung atau target market mereka. Kemudian perlu mengkaji kata kunci apa yang penting dalam usaha ini namun belum banyak persaingannya. Artinya belum banyak situs sejenis yang mentargetkan kata kunci. - Membangun backlink
Apa sih backlink itu? Sederhananya, ini adalah link yang diberikan oleh pihak lain ke situs kita. Jika link tersebut di klik maka pengunjung akan diantarkan ke situs yang diberikan oleh link tersebut. Backlink adalah bukti bahwa pihak lain menganggap bahwa situs kita penting sehingga layak diberikan sebagai referensi. Mesin pencari menangkap sinyal backlink tersebut dan menggunakan sebagai salah satu faktor penting dalam merangking hasil pencarian.
SEO
DAN OFF PAGE
Dalam
SEO istilah off page optimization mengacu pada faktor-faktor yang tidak
berhubungan dengan halaman website kita. Jika on page SEO berhubungan dengan
website seperti internal links, konten, dan keywords, off page berhubungan
dengan link building atau back linking.
Saat
mengevaluasi sebuah situs, mesin pencari akan melihat dari on page (hal-hal
mengenai website anda) dan off page (seberapa populer website anda).
Sederhananya kategori peringkat anda ditentukan oleh faktor on page dan
seberapa tinggi peringkat anda dalam mesin pencari ditentukan oleh faktor off
page.
Ada
beberapa metode off page SEO yang bisa kita ketahui, yaitu:
1. Metode kuno off page
a.
Promosi
melalui forum
b.
Memasukkan
website dalam mesin pencari
c.
Direktori
artikel
d.
Website
direktori
e.
Social
bookmarking
f.
Penggunaan
sosial media yang berlebihan
2. Metode baru off page
a.
Link
building
b.
Sosial
media
c.
Local
SEO
sumber :
mantab gan, untuk anda yang membutuhkan asupan backlink bisa ke >>> backlinksatu.com
BalasHapus