TIPE - TIPE SHOT DALAM PEMBUATAN VIDEOGRAFI





Ada 5 shot dasar yang biasa digunakan kamera dalam merekam, yakni close up (CU), medium close up (MCU), medium shot (MS), knee shot (KS) dan full shot(FS), Dengan kelima shot dasar tersebut disertai akibat gerakan kamera dan lensa akan menghasilkan berbagai variasi gambar dan jumlah subjek pun bisa lebih dari satu (orang).





Extreme Close Up (ECU)

Pengambilan gambar dengan teknik ini akan menunjukkan secara detil ekspresi dari subjek, seperti linangan air mata, gerak bibir, dan luapan kegembiraan yang terpancarkan dari wajah atau mata subjek

Close Up (CU)

Jenis shot ini akan mengarahkan perhatian penonton untuk melihat subjek dari dekat. Menguntungkan jika digunakan untuk mengambil action dramatik atau dialog artis. Shot ini hanya mengambil gambar hanya pada bagian wajah (close up).
Teknik ini lebih menonjolkan ekspresi wajah dari subjek.

Medium Close Up (MCU)

shot ini dapat memperlihatkan gerak/aktifitas tubuh artis terutama gerakan dada keatas, biasa digunakan untuk produksi berita di studio.

Medium Shot (MS)

teknik pengambilan gambar ini sesuai jika digunakan untuk menangkap gerakan dari pinggang ke atas. Pengambilan gambar dengan tipe shoot ini ini bertujuan untuk menunjukan subyek lebih detail, dan juga bisa menunjukan emosi yang ditampulkan oleh subjek.

Knee Shot (KS)

Tipe shot ini dapat digunakan untuk memberikan perhatian penonton terhadap aktifitas 2/3 artis. Dapat juga digunakan untuk membingkai artis yang jumlahnya > 1.

Long Shot (LS)

Teknik ini akan menarik jika diarahkan pada gerakan yang dibawakan oleh seorang artis yang menggunakan seluruh bagian tubuhnya untuk beraktifitas. Selain itu dengan jenis shot ini mampu mengcover lebih dari satu orang subjek (penari).

ELS (Extreme Long Shot)
Teknik ini adalah teknik mengambil gambar sangat jauh dari subyek yang mungkin tidak akan kelihatan dengan jelas. Teknik ini bertujuan untuk menunjukan lingkungan disekitar subjek dan dirancang untuk menunjukan pendengar di mana tempat tindakan diambil. ELS juga disebut dengan istilah extra long shot or extreme long show.




source: https://orangetop.files.wordpress.com/2016/04/dasar-videografi.pdf


0 Response to "TIPE - TIPE SHOT DALAM PEMBUATAN VIDEOGRAFI"

Posting Komentar